Menumbuhkan Nasionalisme Lewat Sinyal Telekomunikasi



Menumbuhkan Nasionalisme Lewat Sinyal Telekomunikasi

Jakarta - Kebutuhan akan sarana telekomunikasi dan broadband di era modern mutlak dibutuhkan, tak terkecuali bagi masyarakat yang tinggal di daerah terluar dan terdepan di Indonesia, salah satunya Pulau Liran di Maluku Barat Daya.

Wilayah ini baru mendapatkan layanan telekomunikasi dari Telkomsel. Imanuel Maupula, Camat Wetar Barat menuturkan, sebelum Telkomsel masuk ke Pulau Liran, masyarakat menggunakan layanan telekomunikasi dari Timor Leste, Telemor.

Ketika menggunakan Telemor, masyakat Liran harus mengeluarkan kocek sekitar USD 1 untuk menelepon selama satu menit. Sedangkan untuk mengirimkan pesan melalui SMS, mereka mengeluarkan USD 1 untuk dua kali pengiriman.
https://newrevive.detik.com/delivery/lg.php?bannerid=0&campaignid=0&zoneid=658&loc=https%3A%2F%2Finet.detik.com%2Ftelecommunication%2Fd-3664973%2Fmenumbuhkan-nasionalisme-lewat-sinyal-telekomunikasi&referer=https%3A%2F%2Finet.detik.com%2F&cb=5ea65c780a
Itu pun tak semua wilayah Pulau Liran mendapatkan jangkauan Telemor. Untuk bisa mendapatkan jaringan telpon Telemor, masyarakat harus menempuh perjalanan sekitar 1 km.

"Namun kini dengan kehadiran Telkomsel, isi pulsa Rp 20 ribu sudah bisa untuk telepon selama seminggu," terang Emmanuel.

Saat ini, masyarakat sangat senang dan bangga dengan hadirnya layanan telekomunikasi dari Telkomsel. Sebab, jaringan telekomunikasi dari Telkomsel tak hanya sebagai pembuka keterisolasian Pulau Liran, tetapi juga membuktikan integritas dan harga diri bangsa Indonesia dihadapan bangsa Timor Leste.

Emmanuel memiliki harapan besar agar jaringan Telkomsel bisa masuk ke Timor Leste.

"Kami senang setelah 72 tahun Indonesia Merdeka, baru kali ini masyarakat pulau Liran bisa menikmati layanan telekomunikasi dari operator asal Indonesia. Dahulu warga hanya bisa mendengar layanan sosial media," terang Emmanuel.

"Namun sekarang kita sudah bisa merasakannya secara langsung layanan dari Telkomsel dengan harga yang terjangkau serta kualitas yang prima. Bahkan jaringan Telkomsel di Pulau Liran jauh lebih baik dibandingkan ibukota kabupaten," sambungnya.

Dengan kehadiran Telkomsel, masyarakat pulau Liran yang dahulu terisolir, kini sudah bisa menikmati layanan telekomunikasi dan broadband dari Telkomsel. Dengan adanya layanan broadband, mereka juga sudah bisa menikmati layanan sosial media seperti Facebook, Instagram maupun WhatsApp sama seperti masyarakat di Pulau Jawa.

Bahkan layanan broadband Telkomsel sudah diaplikasikan oleh masyarakat dan pemerintah daerah untuk pengiriman Data Pokok Pendidikan (Dapodik), kesehatan maupun data pemerintahan.

"Menurut saya kehadiran Telkomsel selain membuka keterisolasian, juga menumbuhkan nasionalisme bagi masyarakat Liran. Setelah 72 tahun Indonesia merdeka, baru Agustus lalu kita merasakan telekomunikasi dari operator Indonesia. Penduduk Liran saat ini sudah merdeka dari keterisolasian telekomunikasi," terang Emmanuel.

Tak hanya masyarakat sipil saja yang merasakan manfaat dari kehadiran Telkomsel di Pulau Liran, Christoper yang sehari-hari bertugas sebagai prajurit TNI di sana juga mengapresiasi kehadiran anak usaha Telkom tersebut di pulau terluar Indonesia.

Selain memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat Pulau Liran, kehadiran Telkomsel juga membantu ketahanan dan keamanan nasional. "Kami bersyukur Telkomsel sudah ada di Liran karena sinyalnya baik dan tarifnya lebih murah dibandingkan jika menggunakan operator selular dari negara tetangga," kata Christoper.

Melihat posisi strategis Pulau Liran yang berhadapan langsung dengan negara Timor Leste, Vice President ICT Network Management Telkomsel Area Pamasuka Samuel mengatakan, dalam waktu dekat, Telkomsel akan menggelar layanan 4G LTE.

Diakui Samuel, untuk menghadirkan layanan telekomunikasi baru di pulau terluar seperti Pulau Liran memiliki banyak tantangan. Namun menurutnya, semua tantangan itu bakal dihadapi dengan berbekal semangat memerdekakan pulau tersebut dari keterisolasian telekomunikasi.

"Telkomsel juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu hadirnya Telkomsel di Pulau Liran, khususnya pemerintah daerah setempat, masyarakat serta semua pihak yang terlibat," tutupnya.
https://newrevive.detik.com/delivery/lg.php?bannerid=0&campaignid=0&zoneid=667&loc=https%3A%2F%2Finet.detik.com%2Fconsumer%2Fd-3665097%2Fmozilla-rilis-browser-terbaru-firefox-quantum&referer=https%3A%2F%2Finet.detik.com%2F&cb=3140f4f375

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STMIK PRINGSEWU GELAR PRA PENDIDIKAN DASAR MILITER (PRADIKSARMIL)

PELANTIKAN BEM/BLM STMIK PRINGSEWU

333 Mahasiswa STMIK-STIT Pringsewu KKN di 33 Pekon